Pasuruan, 15 Juli 2025 – Kegiatan Masa Ta'aruf Siswa Madrasah (MATSAMA) tahun ajaran baru 2025/2026 di MIN 1 Pasuruan berlangsung khidmat dan penuh makna. Pada hari Selasa, 15 Juli 2025, salah satu rangkaian kegiatan MATSAMA kelas VI dilaksanakan di Mushollah Al Kaprawi dengan tema utama Moderasi Beragama . Kegiatan ini juga mengangkat pentingnya literasi sebagai bagian dari pengembangan karakter siswa.
Acara yang diikuti oleh seluruh siswa kelas VI tersebut dihadiri langsung oleh Bapak Abdul Qodir, S.Pd.I,M.Pd., selaku Kepala MIN 1 Pasuruan. Dalam perayaannya, beliau menyampaikan penghargaan atas penyelenggaraan kegiatan ini dan tekanan pentingnya nilai-nilai moderasi dalam masyarakat dan beragama bagi generasi muda.
“Moderasi beragama adalah fondasi penting agar kita bisa hidup rukun dalam keberagaman. Anak-anak harus dibekali pemahaman agama yang seimbang, toleran, dan inklusif,” ujarnya.
Sebagai pembicara utama dalam sesi ini, Ibu Maufuza, M.Pd., membawakan materi tentang moderasi beragam dengan gaya penyampaian yang interaktif dan mudah dipahami oleh siswa. Beliau menjelaskan bahwa moderasi bukan berarti memaksakan keyakinan, tetapi justru memperkuat identitas agama dengan cara yang damai dan saling menghargai.
Selain itu, Ibu Maufuza juga memuat topik literasi dalam paparannya. Menurutnya, kemampuan membaca dan menulis adalah kunci untuk memahami ajaran agama secara lebih mendalam serta mengakses ilmu pengetahuan dari berbagai sumber.
“Literasi tidak hanya soal membaca buku pelajaran, tapi juga membaca kitab suci, artikel, atau sumber informasi lainnya dengan kritis dan bijak,” imbuhnya.
Para siswa terlihat antusias mengikuti sesi tanya jawab setelah menyampaikan materi. Sejumlah pertanyaan seputar toleransi, perbedaan agama, serta manfaat membaca buku pun dilontarkan oleh peserta.
Kegiatan ini menjadi salah satu rangkaian penting dalam MATSAMA yang bertujuan tidak hanya mengenalkan lingkungan madrasah, tetapi juga membentuk karakter siswa yang religius, moderat, dan suka membaca.An.
No comments:
Post a Comment