PRAKTIK MANASIK HAJI

Beji, MIN 1 Pasuruan hari Rabu, 21 Mei 2025 sedang melakukan giat "pembelajaran outing class" tepatnya di KURMA PARK P5RA yang mengintegrasikan pembelajaran intrakurikuler mapel Fiqih dan Bahasa Indonesia. Kemudian dikemas bagian dari sesi berupa pembelajaran praktik secara nyata.



Tema P5RA: Kearifan Lokal 

Topik P5RA : Praktik ibadah haji dan umroh

Judul Modul : Jejak Langkah di Tanah Suci.

Alur kegiatan P5RA dalam modul, berisi 4 tahapan dan 12 sesi. Praktik Haji merupakan sesi ke 5.

Penanggung jawab: Bpk Abdul Qodir

Ketua: Bpk Munir 

Sekretaris: Maufuza

Bendahara : Ibu Ucik Nurul M.

Narasumber : Bpk H.Abd Muid

Muthowif 1: Bpk H. A. Zamroni Lutfi 

Muthowif 2: Ibu H. Nuril Majidah

Ko.kesiswaan : Ibu Eka Marginingsih

Dibantu semua guru yang mengajar kelas 5 yaitu Ibu Lilis, Ibu Wiwit, Bpk Mujib, Bpk Khamim dan Bpk Farid (beliau orang yang tekun dan amanah.

Yuk ... Kita ikuti langkah dan keseruannya.

 


Kegiatan ini dibuka oleh Bpk Kamad MIN 1 Pasuruan. Dalam sambutannya beliau berharap praktik ini akan ditakdirkan menjadi sebuah kenyataan, sehingga beliau berpesan agar murid lebih serius termasuk menghafal doa penting dalam kegiatan praktik haji.

Rangkaian penting dalam kegiatan tersebut:

1. Miqot di MIN 1 Pasuruan, dengan mengenakan pakaian Ikhram secara mandiri. (Sholat Dhuha, mengenakan ikhram, berniat haji, sambutan Bpk Kamad, adzan dan naik bis). Sepanjang perjalanan menuju Makkah/TP/ tempat praktik murid membaca talbiyah. Dam mulai diberlakukan untuk mendidik dan mengajarkan praktik secara mendalam.

2. Wukuf, setelah sampai di KURMA PARK sesuai kloter perkelas menuju padang arofah untuk melaksanakan wukuf di Arafah. Untuk mendengarkan khutbah wukuf yang disampaikan oleh muthowif 1(Bpk H. A. Zamroni L.) Murid sudah mendapat penjelasan pada saat tiba di lokasi, bahwa ibadah haji yang dilaksakan adalah HAJI TAMATTU' sehingga semua jamaah dikenakan DAM.

3. Menuju MUZDALIFAH, murid mendapat penjelasan bahwasanya mereka MABIT yaitu bermalam, untuk mencari/mengumpulkan batu kerikil 7+21+21+21 dimasukkan kantong plastik yang sudah dibawa dari rumah.

4. Menuju terowongan MINA untuk melontar jumroh Aqobah (tepatnya pada tanggal 10 Dzulhijjah) 7 lemparan/ batu. Kemudian berikutnya (ula, wustho, aqobah). Melempar batu sebanyak 7,7,7 lalu 7, 7, 7 lalu 7, 7, 7.

5. TAHALUL awal, murid memotong sebagian rambutnya dengan gunting yang telah dibawa dari rumah. Menggunting rambut bergantian dengan temannya. Sebagai tanda berakhirnya larangan Ikhram.

6. TAWAF IFADHOH keliling Ka'bah tujuh putaran. Ternyata sebagian besar murid sudah bisa mempraktikkan secara benar. Karena empat hari sebelumnya mereka sudah praktik tawaf (disaat kegiatan praktik umroh di MIN 1 Pasuruan). Sehingga mereka sudah lancar. Setelah melaksanakan tawaf mereka minum air zamzam (yang sudah dibagikan oleh walasnya, berupa air mineral)

7. SAI, berlari -lari kecil dari bukit Shafa ke Marwah sebanyak 7 kali bolak balik. Kali ini murid memilih praktik sai di KURMA PARK yang lokasi atau jarak antara bukit Shafa dan Marwah dekat. Tampak tenaga mereka mulai terkuras, saat itu waktu menunjukkan pukul 11.00 (karena kegiatan dilaksakan mulai pukul 07.00).

8. TAHALUL kedua mereka menggunting sebagian rambutnya sebagai tanda bebas dari semua larangan haji. Mereka senang terpancar dari wajahnya karena sudah terbebas dari DAM. Setiap DAM mereka harus mengeluarkan uang Rp.2000,00 (oleh panitia uang tersebut/ uang DAM digunakan sebagai uang infak yang nantinya akan dikelola/ dikembalikan pada murid setelah kegiatan haji, dikegiatan P5RA). 

9. TAWAF WADA', tawaf perpisahan. Mereka mengabadikan foto bersama Walas setiap kelas atau kloter. 

10. Makan siang bersama di Hall, mereka tampak senang dan puas. Sambil menikmati makan siang, ikan ayam goreng dengan sambal geprek.

Pelaksanaan praktik haji kali ini (ditahun ketiga) panitia atau guru pendamping sangat puas, dibanding tahun sebelumnya. alasannya 

@ Murid lebih mudah tertata

@ Murid sebelum melakukan praktik ibadah haji terlebih dahulu melaksanakan praktik ibadah umroh.

@ Murid membawa teks bacaan dan sebagian sudah banyak yang hafal

@ Semua murid mengikuti kegiatan tersebut, kecuali yang izin karena sakit 

@ Walimurid sangat mendukung dan mengapresiasi pelaksanaan outing class praktik nyata yang dikemas dalam kegiatan P5RA 

@ Apresiasi dari bapak kamad untuk ketua panitia dan tim P5RA kelas 5

@ Semua kegiatan terprogram mulai dari rapat persiapan, penyusunan modul P5RA, kompetensi yang ingin dicapai, LKPD, tugas teks dan non teks.


PRODUK KREATIF P5RA  fase C 

(yang akan dihasilkan dari kegiatan P5RA semuanya menggunakan digital ):

1. Video dokumenter pendek

2. Infografis 

3. Poster/ komik

4. Teks eksplanasi (cerita pengalaman)

dan Tes Tulis Sumatif sebagai penilaian akhir 


Alhamdulillah, sesi berikutnya murid akan melakukan wawancara terkait mengungkap KEARIFAN LOKAL  terhadap narasumber yang sudah dibidik oleh tim penyusun modul P5RA fase C kelas 5.

Sukses selalu, barokallah untuk guru, murid dan semua keluarga besar MIN 1 Pasuruan. Fz

Berikut dokumentasinya.






















No comments: